KATA PAKAR DAN PRAKTISI SOAL GANJAR DI DEBAT CAPRES KETIGA 7 JANUARI 2024

KATA PAKAR DAN PRAKTISI SOAL GANJAR DI DEBAT CAPRES KETIGA 7 JANUARI 2024

"Ketika diri kita tidak mampu menilai dengan baik dan benar, maka dengarkanlah penilaian dari para pakar atau tokoh yang diakui kredibilitasnya."
[ Max Hendrian Sahuleka ]

Setiap orang sering mengklaim pendapatnya paling baik dan paling benar. Namun demikian, klaimnya tersebut harus diuji berdasarkan data dan fakta di lapangan serta mempertimbangkan pendapat dari para tokoh dan pakar serta praktisi di bidang tersebut.

Inilah dia, pendapat dari para pakar dan praktisi tentang Ganjar di debat capres ketiga, 7 Januari 2024.

NAJWA SHIHAB (PRAKTISI MEDIA)

“Mas Ganjar di sini jauh lebih bagus dari debat pertama. Lebih jelas posisinya seperti apa.” 


GILANG GUSTI AJI (PAKAR KOMUNIKASI POLITIK UNIVERSITAS SURABAYA)

"Pak Ganjar kali ini tampak lebih siap, dengan konsep dan strategi. Ia mendasarkan pada data-data dan yang paling menarik adalah lebih jelas secara bersikap juga."


CONNIE RAHAKUNDINI BAKRIE (PAKAR MILITER)

“Pak Ganjar paling siap dari semuanya. Terakhir Pak Ganjar mengeluarkan semua data yang dia miliki. Itu menurut saya keren lah. Pak Anies ngomong banyak yang bagus, tapi kurang clear.”


AL ARAF (PENGAMAT PERTAHANAN DAN KEAMANAN)

“No utang, no usang itu slogan yang menarik. Kalau saya boleh tafsirkan, Pak Ganjar ingin menjelaskan visi dan misi dia terkait kemandirian pertahanan. Ganjar impressive di debat kali ini."

SUSANINGTYAS KERTOPATI (PENGAMAT PERTAHANAN DAN KEAMANAN)

“Beberapa hal yang disampaikan (Ganjar) dibenarkan oleh Prabowo.”


AHMAD KHOIRUL UMAM (DIREKTUR  (DIREKTUR INSTITUTE FOR DEMOCRACY AND STRATEGIC AFFAIRS)

“Dalam debat ketiga ini, Ganjar cerdas,  Dalam konteks substansi, diakui atau tidak, Mas Ganjar tampil cukup impresif dengan tampilan argumen yang cukup simpatik, lebih tertib, dan pola konfrontasi yang lebih terukur.”

"Ganjar mampu mengelaborasi argumen tentang visi pertahanan, keamanan dan diplomasi ekonomi dengan cukup impresif. Ganjar mampu mengelaborasi basis argumennya secara clear ketika tampil menjelaskan tentang kematangan perencanaan dan komitmen anti-korupsi dalam eksekusi kebijakan pertahanan, penguatan infrastruktur cyber nasional, dan komitmennya pada upaya revitalisasi kinerja ASEAN yang cenderung prosedural."


ALMAN HELVAS ALI (PENGAMAT MILITER)

"Jadi, apa yang dikatakan capres nomor urut 01 dan 03 itu betul, bahwa ekonomi harus ditambahkan kalau kita ingin menaikkan anggaran pertahanan. Kalau tidak, maka anggaran pertahanan bisa dibesarkan, tetapi ada korban di sektor belanja yang lain."


ARYA BUDI (PAKAR POLITIK UGM)

"Terkait substansi, debat kali ini Ganjar yang paling kuat. Dia mampu membeberkan pertahanan Indonesia dari berbagai sumber dan data."


JALESWARI PRAMODHAWARDANI (DEPUTI KANTOR STAF PRESIDEN BIDANG POLITIK, HUKUM, PERTAHANAN DAN HAK ASASI MANUSIA)

"Keberpihakan Ganjar Pranowo pada perempuan yang bukan hanya skala nasional, namun internasional, merupakan bentuk keseriusan Ganjar-Mahfud dalam isu perempuan."

"Pada debat Capres nanti malam, Ganjar-Mahfud memiliki program unggulan yang tidak dipikirkan oleh pasangan calon (paslon) lain. Sebagai anak polisi berpangkat rendah, Mas Ganjar paham betul kesulitan-kesulitannya. Program Kuliah Gratis Anak TNI dan POLRI akan yang menjamin lebih banyak anak TNI dan POLRI bergelar sarjana untuk meningkatkan ekonomi keluarga."


SUMBER :

No comments:

Post a Comment

  • SHARE